Sukses

5 Tahun Lagi Bakal Ada Gawai Antimabuk

Ilmuwan di London tengah mengembangkan perangkat anti mabuk.

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda kerap merasa mual saat naik kapal laut atau berada di tempat bermain yang ekstrem, mungkin Anda nanti tidak perlu mencari obat lagi. Pasalnya, ilmuwan di London tengah mengembangkan perangkat anti mabuk.

Seperti diberitakan Dailymail, Rabu (9/9/2015), perangkat ini dapat disambungkan ke ponsel dan memberikan kejutan listrik ringan hingga rasa mual Anda membaik.

"Gadget atau gawai ini dapat dijual 5-10 tahun mendatang," ungkap para ahli di Imperial College London.

Menurut para ilmuwan, penelitian ini diterbitkan di dalam jurnal Neurology dengan teori, meredam sebagian aktivitas otak yang menyebabkan gejala mabuk.

Pemimpin studi Dr Qadeer Arshad mengatakan, perangkat ini seperti alat kejut listrik yang digunakan untuk sakit punggung (Transcutaneous electrical nerve stimulation).

"Arus listrik sangat kecil sehingga tidak ada efek samping yang ditimbulkan," ujarnya.

Dalam penelitian ini, para relawan mengenakan elektroda di kepala mereka selama sekitar 10 menit. Mereka kemudian diminta untuk duduk di kursi berputar dan miring untuk mensimulasikan gerakan yang cenderung membuat orang sakit kepala di kapal atau rollercoaster. Hasilnya, setelah pengobatan, mereka cenderung tidak merasa mual dan bisa pulih lebih cepat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini