Sukses

3 Jenis Olahraga yang Baik untuk Pencernaan

Sistem pencernaan adalah jaringan intrinsik yang telah dirancang sedemikian rupa terus bekerja tanpa lelah.

Liputan6.com, Jakarta Sistem pencernaan adalah jaringan intrinsik yang telah dirancang sedemikian rupa terus bekerja tanpa lelah. Oleh karena itu, kesehatan juga bergantung pada sistem ini.

Ahli kesehatan holistik di India, Mickey Mehta mengatakan, ada tiga faktor penting dalam menjaga tubuh dan manusia tetap sehat. Pertama adalah Aahar (makanan yang kita makan), vihar (cara kita berolahraga tubuh kita), dan Vishram (tidur dan relaksasi).

"Tubuh manusia dikendalikan oleh keseimbangan gaya hidup. Artinya, bila salah satu dari Aahar, Vihar dan Vishram tidak berjalan dengan baik, maka akan memengaruhi kesehatan Anda," kata Mickey, seperti diberitakan Times of India, Selasa (8/9/2015).

Olahraga teratur dan latihan pernapasan (pranayama), adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, menurut Mickey. Dia mengatakan, olahraga tertentu dapat mengaktifkan enzim pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Selain itu, olahraga teratur juga dapat memperbaiki sirkulasi dalam darah dan merangsang serta memberi energi pada saraf, endokrin, dan sistem otot. 

"Lakukan kombinasi pemanasan, yoga, pilates dan kardio agar pencernaan sehat. Anda juga bisa mencoba yoga suryanamaskar, berenang, dan bersepeda untuk melatih otot-otot perut," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini