Sukses

Mengintip Kemasan Pasta Gigi Sebelum Berbentuk Tabung

Siapa sangka di tahun 1800-an pasta gigi disimpan dakan kemasan berbentuk toples.

Liputan6.com, Jakarta Tak banyak yang tahu bahwa sebelum kemasan tabung seperti saat ini, pasta gigi zaman dulu disimpan dalam toples. Seperti yang dilakukan produsen pasta gigi Colgate. Kemudian sebuah inovasi dilakukan dokter gigi asal Amerika Serikat, Washington Wentworth Sheffield. Dia mengubah kemasannya menjadi bentuk tabung (tube) yang seperti kita pakai saat ini.

Inspirasi mengubah kemasan pasta gigi berasal dari ide anak Sheffield bernama Lucius T. Sheffield yang juga berprofesi sebagai dokter gigi. Saat itu Lucius berada di Prancis untuk mempraktikkan ilmunya sebagai dokter gigi. Lalu ia melihat banyak seniman lukis yang menggunakan cat dalam kemasan tabung dan menganggap hal ini sangat praktis.

Lucius menceritakan apa yang dilihatnya di Prancis ke sang ayah. Lalu di tahun 1892 terciptalah pasta gigi dalam kemasan tabung pertama di dunia. Pasta gigi ini bernama Dr. Sheffield's Creme Dentifrice.  Kemudian Sheffield mulai memproduksi pasta gigi dalam kemasan tabung di bawah nama Sheffield Dentifrice Co.

Kemasan pasta gigi bentuk tabung produksi Sheffield Dentifrice Co di tahun 1890-an (Foto: connecticuthistory.org)

Lalu di tahun 1896 produsen Colgate Dental Cream mengikuti bentuk kemasan pasta gigi yang diciptakan dokter Sheffield seperti dikutip Inventors About, Selasa (8/9/2015).  Kemasan pasta gigi dalam bentuk tabung yang terbukti praktis membuat masyarakat dunia masih merasakan penemuan Sheffield ini hingga ratusan tahun kemudian. Anda pun merasakan manfaatnya, bukan?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini