Sukses

5 Hal yang Bisa Jadi Motivasi agar Giat Berolahraga

Berikut cara untuk memotivasi diri sendiri agar tak ragu untuk berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat olahraga sudah tak perlu diragukan lagi. Olahraga yang dilakukan secara rutin, 6 hari dalam seminggu dan minimal 30 menit per hari membuat tubuh lebih bugar, mampu berpikir dengan baik, darah mengalir sempurna, dan membantu orang dengan obesitas menurunkan berat badan.

Meski begitu masih cukup banyak di antara kita yang tidak melakukan itu dengan beragam alasan yang terkadang tak masuk akal. Tak punya uang lebih untuk bergabung ke pusat kebugaran, tak punya waktu, dan takut mengalami cedera.

Padahal olahraga dapat dilakukan di mana dan kapan saja, dan jika didahului dengan pemanasan yang benar dan sadar kemampuan diri sendiri, cedera tak mungkin terjadi.

Berikut cara untuk memotivasi diri sendiri agar tak ragu untuk berolahraga seperti dikutip Times of India, Selasa (8/9/2015):

1. Jangan jadikan olahraga sebagai beban. Untuk itu, pilihlah olahraga yang kita sukai. Apa pun jenis olahraga yang dilakukan memberi efek positif untuk tubuh kita sendiri. Baik itu aerobik, zumba, hingga jalan kaki pun memiliki manfaat yang sangat besar.

2. Pilihlah lokasi olahraga yang dekat dengan rumah kita. Tentu kita tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam di jalan, bukan? Jika lokasi terlalu jauh dari rumah, yang ada kita sudah kelelahan sebelum olahraga dimulai.

3. Mintalah teman kita untuk memberi motivasi dan dorongan agar kita mau melakukan olahraga dengan rutin. Jika perlu, ajak mereka olahraga bersama-sama.

4. Sisihkan pendapatan kita untuk membeli sepatu, pakaian, dan perlatan olahraga sesuai kemampuan.

5. Catat semua aktivitas yang telah kita lakukan ke dalam buku berukuran kecil. Simpan buku itu, dan cek tiap saat olahraga apa saja yang telah kita lakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.