Sukses

Penjelasan Ilmiah Kenapa Make Up Harus Disimpan di Kulkas

Pernahkah Anda menyimpan make up di kulkas? Tahu alasannya? Berikut penjelasan dari pakarnya, kenapa harus simpan make up di kulkas

Liputan6.com, Jakarta Lemari pendingin atau kulkas tidak lagi berfungsi sebagai tempat penyimpanan buah, sayuran, dan sisa makanan yang sayang jika dibuang begitu saja. Individu modern pun menyimpan semua produk kecantikan (make up) di kulkas, berdampingan dengan telur atau terselip di antara botol-botol berisikan air.

Beragam alasan membuat orang melakukan cara yang entah sejak kapan mulai diberlakukan. Kebanyakan mengatakan, ketika make up digunakan dalam keadaan dingin membuat wajah terasa dingin. Ada juga yang berpendapat, agar kepadatan dari make up itu terjaga dan tidak menyusut.

Dr Philippa Lowe mengatakan, dilihat dari sisi ilmiah menyimpan make up di lemari es untuk melihat apakah produk tersebut menggunakan bahan yang aman digunakan atau tidak. "Jika make up berasal dari bahan alami atau organik, tidak jadi masalah untuk disimpan di kulkas. Justru bakal mendapat manfaat dari pendinginan," kata Philippa, Cosmetic Demartologist dan juru bicara dari Simple Skincare di New York, Amerika Serikat dikutip dari situs Daily Mail, Senin (7/9/2015)

Philippa melanjutkan, sejumlah produk kecantikan memang harus disimpan di dalam kulkas guna mengurangi peradangan. Misal gel mata, akan terasa dingin dan menyegarkan jika disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas sebelum digunakan.

"Pembuluh darah menyusut, sekaligus mencegah kemarahan dan bengkak," kata Phillipa menambahkan.

Philippa sendiri selalu menyimpan semua produk make up ke dalam kulkas agar pasien lebih tenang ketika produk itu dioleskan ke tubuh mereka.

"Sebagaian besar krim wajah yang tersedia secara komersial mengandung bahan pengawet, dan telah diuji ketat untuk disimpan dan digunakan pada suhu kamar," kata Philippa.

Namun, tak semua make up dapat digunakan langsung setelah disimpan di dalam kulkas. Bahan-bahan seperti minyak, lanjut Philippa, menjadi lebih tebal di kulkas dan harus dikembalikan ke suhu kamar sebelum digunakan.

Senada dengan Philippa, pakar kecantikan sekaligus presenter televisi di New York, Nadine Baggot mengatakan, masker yang dimasukkan ke dalam kulkas membuat wajah terasa dingin dan mata terhindar dari bengkak.

"Produk kecantikan kami pun ada yang harus disimpan di lemari es karena mengandung tembaga amino isolat serum 1 persen yang harus tetap stabil," kata Co Founder Lush, Rowena Bird.

Tak heran bila sejumlah hotel di Amerika Serikat dan wilayah Eropa menyediakan kulkas kecil yang terletak di bawah meja yang dirancang khusus untuk menyimpan make up.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.