Sukses

Amankah Lakukan Yoga Bikram di Usia 40 Tahun?

Jika mengalami masalah pada persendian baiknya tanyakan terlebih dahulu ke dokter sebelum lakukan bikram yoga.

Liputan6.com, New York- Yoga bikram merupakan sebuah olahraga yang dilakukan dalam sebuah ruangan bersuhu 40 derajat Celcius dengan kelembapan sekitar 40 persen. Kemudian peserta yoga melakukan sekitar 26 pose yoga. Lalu, apakah berolahraga di suhu panas seperti ini aman dilakukan bagi yang sudah mulai tua?

Pencipta yoga bikram, Bikra Choudhury mengatakan panas tinggi diperlukan untuk mengendurkan otot dan membuat lebih elastis. Namun, pendapat ini tidak terlalu disetujui oleh para pakar medis. Salah satunya profesor klinis di bidang kedokteran Univerersity of Arizona, Andrew Weil.

"Melakukan olahraga ini dalam suhu tinggi bisa membuat stres seseorang pada usia berapa pun meskipun orang tersebut bugar. Cedera otot bisa tidak disadari bila dalam situasi seperti ini," tulis Weil dalam sebuah kolom laman Prevention dikutip Senin (18/01/2016).

Apalagi sudah ada studi kecil yang menyebutkan sekitar 30 persen peserta yang rutin lakukan olahraga jenis ini suhu inti tubuh capai 39 derajat Celcius. Menurut pria yang juga Direkur Arizona Center for Integrative Medicine kondisi ini bisa menyebabkan kondisi kelelahan tubuh karena panas hingga yang paling para stroke panas.

Ia menyarankan kepada orang yang merasa lemah dalam suhu tinggi, pernah alami stroke panas, atau dehidrasi di masal lalu untuk menghindari olahraga ini. Lalu bila memiliki masalah sendi atau tekanan darah rendah dan tinggi, pastikan memeriksakan diri ke dokter sebelum ambil kelas yoga panas ini.

Jika tak memiliki masalah di atas dan tetap ingin mencoba, pastikan sebelum mulai minum air sebanyak mungkin dan segera berhenti ketika merasa pusing, panas atau nyeri di dada seperti dituturkan Weil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini