Sukses

Ini Jenis Olahraga dan Diet untuk Diabetesi

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi makanan sehat dan aktivitas fisik yang tepat tidak hanya membantu orang dengan diabetes, tapi juga cara yang tepat untuk mencegah diabetes tipe 2.

Diabetologist of North Delhi Diabetes Center Dr Rajeev Chawla mengatakan, latihan merupakan bagian penting dari manajemen diabetes, sama pentingnya dengan obat-obatan.

"Pasien harus berolahraga minimal selama 30 menit per hari, dan dilakukan minimal 6 hari per minggu," kata dia dikutip dari situs Times of India, Senin (7/9/2015).

Latihan yang bisa dilakukan adalah aerobik, berenang, bersepeda, atau jogging. Dapat juga melakukan jalan kaki selama 30 menit.

Pasien diabetes dengan insulin memiliki hipoglikemia setelah melakukan olahraga berat atau latihan yang tidak biasa. Untuk memastikan agar diabetesi tak terkena hipoglikemia saat berolahraga, mereka menggunakan insulin harus mengemil sebelum latihan. Pastikan juga berkonsultasi dengan dokter sebelum olahraga.

Pengidap diabetes, lanjut Rajeev, harus menghindari makanan cepat saji, permen, atau cokelat. Mereka juga harus menghindari mengonsumsi jus dan cairan yang mengandung gula.

Diabetesi bisa makan karbohidrat kompleks seperti sereal, buah-buahan, dan sayuran. Mitos jika ada yang mengatakan diabetesi tidak bisa makan makanan seperti nasi. Terpenting, diabetesi harus merencanakan 5-6 kali makan dalam porsi kecil dalam sehari.