Sukses

Bumbu Dapur Ini Ampuh Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, New York- Membicarakan cara menurunkan berat badan memang tak ada habis-habisnya. Berbagai penelitian pun terus dilakukan untuk menemukan cara efektif turunkan bobot badan. Salah satunya penelitian asal Iran yang menemukan manfaat jinten.

Bumbu dapur ini ternyata mampu membantu menurunkan berat badan, mengurangi lemak tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol jahat alami seperti dikutip laman Prevention, Sabtu (5/9/2015).

Fakta ini didapatkan setelah peneliti dari Shahid Sadoughi University of Medical Sciences membagi menjadi dua kelompok perempuan yang memiliki berat badan berlebih.

Selama tiga bulan, kedua kelompok mendapatkan konseling gizi dan menurunkan asupan hingga 500 kalori per hari. Namun, salah satu grup mengonsumsi jinten bubuk sekitar 3 gram atau kurang dari satu sendok teh. Sedangkan, kelompok satunya diberikan 5 ons yoghurt.

Setelah menjalani masa penelitian, dilakukan penimbangan berat badan. Hasilnya terjadi penurunan berat badan di kedua kelompok. Pada kelompok yang mengonsumsi yoghurt, berat badan turun hingga 6,5 kg, sedangkan yang mengonsumsi jinten bisa mencapai 8 kg.

Tak cuma berat badan yang turun lebih banyak, lemak dalam darah yang berbahaya pun menurun hingga 23 poin sedangkan kelompok satu lagi hanya lima poin. Lalu, tingkat kolesterol jahat menurun.

Lalu bagaimana bisa jinten melakukan banyak perubahan signifikan dalam tubuh? Ternyata jinten kaya pitosterol yakni bahan kimia dalam tanaman yang berfungis menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Artikel Selanjutnya
3 Minuman Ini Lebih Efektif Turunkan Berat Badan Dibanding Lemon
Artikel Selanjutnya
Wanita Ini Berhasil Pangkas Berat Badan Tanpa Diet Ekstrem