Sukses

5 Alasan Anda Harus Konsumsi Pisang Saat Ini Juga

Liputan6.com, Jakarta Meski data Kementerian Pertanian menunjukkan konsumsi pisang dalam lima tahun terakhir selalu menempati posisi tertinggi di antara jenis buah yang lain. Namun jumlah yang dikonsumsi masih lebih rendah dibanding Amerika Serikat.

Pusat Kajian Buah Tropika Institut Pertanian Bogor (PKBT-IPB) sempat menyebutkan, konsumsi buah pada masyarakat Indonesia per tahun, masih di bawah standar atau masih 35,8 kilogram per kapita. Menurut standar konsumsi buah per kapita adalah 75 kilogram per tahun. Warga AS saja mengonsumsi pisang sebanyak 22 kilogram per kapita sedangkan Indonesia hanya 7,8 kilogram.

Padahal bila kita mencermati, buah tropis ini mudah didapatkan dan murah. Selain itu, manfaatnya dapat kita dapatkan. Untuk mengingatkan kembali, berikut lima alasan Anda perlu mengonsumsi pisang, seperti dikutip WebmD, Jumat (4/9/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

. Pisang tidak akan membuat Anda gemuk

1. Pisang tidak akan membuat Anda gemuk

Inilah salah satu alasan, mengapa ahli gizi merekomendasikan pisang sebagai alternatif camilan saat sedang diet. Dalam ukuran sedang, buah ini hanya mengandung 110 kalori dengan 30 gram karbohidrat dan 3 gram serat. 

Pisang juga mengandung pati resisten, jenis karbohidrat yang tidak mudah dicerna atau tidak bisa dihidrolisis menjadi D-glukosa di dalam usus halus dalam waktu 120 menit setelah dikonsumsi.

Satu pisang setidaknya memiliki 2-3 gram pati resisten yang membuat Anda kenyang lebih lama plus camilan sempurna pra-latihan dan sebagai pendongkrak energi.

3 dari 4 halaman

Membantu menurunkan tekanan darah

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Anda mungkin sudah tahu, pisang mengandung kalium tinggi sehingga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah Anda. Satu pisang ukuran sedang memiliki 422 mg kalium yang bebas natrium. Penelitian menunjukkan, diet kalium dapat mencegah risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

3. Salah satu sumber terbaik Vitamin C

Biasanya sumber vitamin C yang sering disebut adalah jeruk, anggur atau kiwi. Tapi tahukah Anda, pisang menyediakan sekitar 17 persen kebutuhan harian vitamin C yang berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. 

4 dari 4 halaman

Sumber energi

4. Sumber energi

Selagi Anda di jalan, jangan lupa untuk membawa pisang. Memiliki karbohidrat sehat dan serat, pisang dapat membantu mencegah lapar di perjalanan.

5. Bau pisang mengelabui otak

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Smell and Taste Treatment Research Foundation di Chicago, pisang memiliki kemampuan untuk mengelabui otak untuk berpikir kalau Anda telah memakannya. Menarik ya, mungkin sebelum Anda menikmati pisang, bisa dicium lebih dulu aromanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini