Sukses

Malas Sikat Gigi Saat Hamil, Waspadai Tumor Jinak

Penting bagi wanita yang sedang hamil untuk memerhatikan kesehatan gigi dan mulut guna terhindar dari beragam penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Penting bagi wanita yang sedang hamil untuk memerhatikan kesehatan gigi dan mulut guna terhindar dari beragam penyakit. Umumnya penyakit yang paling sering menghampiri para ibu hamil adalah penyakit gusi, mulai dari yang sedang hingga kondisi menyerupai tumor.

Drg Ratu Mirah Afifah GCClintDent,. MDSc menjelaskan, jika pada wanita yang tidak hamil penyakit gusi hanya terbagi dua tingkatan, begitu hamil tingkatan itu akan bertambah.

"Jadi, penyakit gusi itu ada gingivitis, lalu ke periodontitis, kalau sudah sampai ke jaringan pendukung. Nah, pada ibu hamil akan bertambah dari gingivitis ke periodontitis, berlanjut jadi kronis," kata Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia dalam diskusi `Pentingnya Kesehatan Gigi dan Gusi pada Ibu Hamil` di Jakarta, Kamis (4/9/2015).

Lalu, ada satu kondisi yang memang khusus dialami ibu hamil yaitu epulis gravidarum, mirip tumor jinak. "Kalau dia tidak hamil, kondisi ini tidak akan ada," tambah Ratu Mirah.

Menurut Ratu Mirah, jika kondisi ini sampai mengganggu ibu yang sedang hamil, gigi dan gusi akan mudah berdarah. Kondisi ini biasanya membuat mereka takut sikat gigi.

"Kalau memang seperti itu, tetap sikat gigi menggunakan sikat gigi yang kecil atau sikat gigi junior. Jangan menggunakan tangan karena tangan tidak memiliki bulu," kata Ratu Mirah menambahkan.

Selama ukuran dari Epulis gravidarum tidak lebih dari 2,5 sentimeter, wanita hamil tersebut tidak akan menjalani operasi. Dan akan hilang begitu dia melahirkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.