Sukses

Bahaya Besar Saat Anda Konsumsi Makanan Berjamur

Yang perlu diwaspadai salah satunya adalah jenis kacang-kacangan yang berjamur.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa makanan mungkin dapat meningkatkan risiko kanker. Namun uniknya, sejumlah makanan lain justru menurunkan risiko kanker.

Yang perlu diwaspadai salah satunya adalah jenis kacang-kacangan yang berjamur. Menurut Senior Manager PT Kalbe Farma, dr Kupiya Timbul Wahyudi, kacang dapat terkontaminasi jamur Aspergillus flavus akan mengandung toksin bernama aflatoksin.

"Tindakan mencuci dengan air mentah atau memanaskan, tidak akan menghilangkan jamurnya. Jadi, daripada berpotensi memicu kanker lever, sebaiknya lakukan tindakan preventif dengan membuangnya dibanding mencoba-coba," katanya, saat ditemui wartawan, ditulis Kamis (3/9/2015).

Tak dapat dipungkiri kanker adalah penyakit yang belum diketahui penyebabnya secara pasti hingga kini. Namun penyakit ini telah membawa kematian bagi 7,8 juta dan merusak hidup 12,7 penduduk dunia. 

Sebelumnya, ahli gizi dari RS Cipto Mangunkusumo, dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK mengatakan, sejauh ini penelitian baru menemukan buruknya mengonsumsi daging merah yang dibakar hingga gosong. Makanan ini, mengandung nitrosamine yang dapat memicu kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini