Sukses

FDA : Awas Bahaya Bubuk Kafein

FDA menyebutkan bahwa bubuk ini bisa membahayakan kesehatan konsumen.

Liputan6.com, Jakarta Beluma lama ini, tepatnya pada 1 September Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration-FDA) mengirimkan surat peringatan pada lima perusahaan yang menjual bubuk kafein. FDA menyebutkan bahwa bubuk ini bisa membahayakan kesehatan konsumen.

Menurut FDA, bubuk kafein jauh lebih kuat efeknya dibanding kafein yang ada di kopi dan ini berbahaya karena orang akan dengan mudah mengonsumsinya dalam takaran yang melebihi batas alias membahayakan.

Betapa tidak, satu sendok teh bubuk kafein setara dengan 28 cangkir kopi. Faktanya, 2 sendok teh bubuk kafein bisa membunuh orang dewasa, begitu kata Centers of Science in the Public Interest.

"Konsentrasi bubuk kafein sangat pekat,"ujar Direktur Pusat Racun Ohio (Central Ohio Poison Ceneter) di Nationwide Children's Hospital Henry Spiller. Kebanyakan orang sangat nyaman dengan efek yang dimunculkan dari kafein pada produk kopi dan soda. Mereka tidak sadar apa yang konsumsi itu hanya beberapa miligram, kata Spiller.

Memang sesendok bubuk kafein dalam berbagai produknya bisa berbeda. Ada yang sesendok hanya 5 gram kafein. Ada juga yang sesendok 65 hingga 100 miligram kafein.

Pada dasarnya, kafein dosis tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius antara lain tekanan darah tinggi, meningkatnya detak jantung, serangan tiba-tiba hingga kematian. Tak heran bila di Ohio pernah dilaporkan kejadian dua pemuda usia 18 tahun dan satu lagi usia 24 tahun meninggal akibat kebanyakan mengonsumsi bubuk kafein pada 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini