Sukses

BE HEALTHY : Waspada Virus MERS (3)

Masih banyak hal yang belum diketahui terkait penularan MERS-CoV antar manusia

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dr. H. M. Subuh, MPPM pada acara pertemuan dengan media yang diselenggarakan di Gedung Dirjen PP&PL Kementerian Kesehatan menyampaikan Hasil Rapat Emergency Committe MERS-CoV ke-9 pada 16 Juni 2015.

Hasil dari pertemuan tersebut tidak menetapkan MERS-CoV sebagai situasi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMD) / Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Berdasarkan bukti yang ada saat ini tidak ditemukan adanya perbedaan genetik MERS-CoV di Timur tengah dan Korsel, Komite mencatat bahwa masih banyak hal yang belum diketahui terkait penularan MERS-CoV antar manusia, termasuk potensi penularan ke lingkungan sekitar dengan ventilasi yang buruk sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut dan WHO tidak merekomendasikan pembatasan perjalanan atau perdagangan ke negara terjangkit (travel warning).

Kemenkes juga menyiapkan Strategi Kesiapsiagaan dalam rangka Antisipasi Penyebaran MERS-CoV ke Indonesia yaitu dengan Penguatan Koordinasi lintas program dan lintas Sektor, Advokasi dan Sosialisasi, Surveilans di pintu masuk ke Indonesia, Surveilans di Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rumah Sakit, Penguatan jejaring laboratorium, Komunikasi Risiko / KIE. Penguatan kapasitas, Tata laksana kasus dan Pengendalian Infeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.