Sukses

Kiat Colin Farrell Berhenti Merokok

Colin menulis sebuah surat perpisahan pada rokok.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berusaha berhenti merokok. Sebagian besar dari mereka bahkan rela melakukan berbagai cara untuk mengucapkan selamat tinggal pada rokok. Tak terkecuali dengan aktor Hollywood, Colin Farrell.

Aktor berusia 39 tahun yang identik dengan imej `bad boy` ini memiliki cara unik berhenti merokok. Colin menulis sebuah surat perpisahan pada rokok.

"Aku menulis surat perpisahan pada Spirit of Tobacco. Aku mengambil wajan dan memasukkan surat itu bersama sejumlah tembakau lalu menambahkan parafin dan menyulutnya dengan api. Asapnya membubung tinggi ke udara. Setelah itu aku tak memiliki persediaan tembakau selama dua tahun berikutnya," cerita Colin.

Dia juga memberi contoh bagi para pemuda dengan kata-kata motivasi untuk berhenti mengisap tembakau.

"Pikirkan hal yang tak kau sukai dari merokok, dan kenapa kamu ingin berhenti merokok. Apakah kamu khawatir tentang masalah kesehatan seperti kanker paru dan penyakit jantung? Apa kamu ingin merasa lebih baik? Menjadi panutan bagi anak-anakmu? Bersihkan dirimu dari bau rokok yang menempel di rambut, kulit, dan pakaian? Tulislah semuanya dan bawa daftar tersebut bersamamu. Setiap kali kamu meraih sebatang rokok atau ingin melakukannya, baca daftar itu dan ingat alasan kamu ingin berhenti merokok," jelasnya.

Meskipun cara ini berhasil untuk Colin, ketua program tembakau di American Lung Association, Dr Bill Blatt bilang, "Metode ini memiliki tingkat sukses yang rendah. Hanya lima persen orang yang berusaha berhenti tanpa rencana, pengobatan, atau bentuk dukungan lainnya yang membuat mereka berhenti merokok selama enam bulan atau lebih. Mereka yang paling berhasil berhenti merokok adalah yang bertumpu pada kombinasi konseling dan pengobatan."

Meski demikian, kisah Colin berhasil berhenti merokok diharapkan tetap akan menginspirasi banyak generasi muda, dilansir dari laman Medindia, Kamis (3/9/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.