Sukses

Guru Yoga Ungkap Rahasia Tiap Manusia Bisa Hidup 130 Tahun

Lewat kekuatan pikiran kita bisa panjang umur.

Liputan6.com, Turki Seorang guru yoga asal Turki yang sudah berusia 95 tahun bernama Kazim Gurbuz menyatakan semua orang bisa hidup hingga 130 tahun. Caranya cukup dengan menekankan hal tersebut dalam pikiran kita.

Hal tersebut juga yang selalu ditekankan dan dibayangkan oleh Kazim hingga usianya mencapai umur hampir satu abad dan tampil muda. Selain itu ia juga menjalankan yoga setiap hari, aktif di bawah sinar mentari, dan diet kaya nutrisi (konsumsi kacang-kacangan, zaitun, lada, teh herbal, dan satu sendok madu setiap hari).

Ahli yoga ini menceritakan bahwa ia memulai gaya hidup sehat seperti itu setelah mengalami patah punggung saat usianya 41 tahun. Hal tersebut membuat bagian tubuh ke bawah lumpuh sehingga ia tak bisa berjalan kembali.

Kondisi normal seperti saat ini didapatkan Kazim usai ia membiarkan teman-temannya untuk mengembalikan tulangnya yang patah serta melakukan eksperimen dengan yoga dan peregangan tubuh.

"Saya melakukan 63 percobaan yang berbeda pada diri saya sendiri," terang Kazim kepada Daily Hurriyet dikutip Rabu (2/9/2015).

"Setelah sembilan bulan melakukan percobaan, saya mulai bisa berjalan. Namun, saya melihatnya bukan sebagai keajaiban, pemulihan

tersebut datang dari usaha dan mental," terang Kazim lagi.

Guru yoga berusia lanjut bernama Kazim Gurbuz. (Oddity Central)

Kazim menegaskan bahwa manusia memiliki kekuatan pikiran jika diterapkan dengan benar, dan pikiran bisa membuat regenerasi otot dan sistem saraf.

Berdasarkan pengalamannya itulah Kazim berani mengklaim bisa hidup hingga umur ini, bahkan hingga 130 tahun. "Kita bisa hidup hingga 130 tahun. Setiap orang memiliki kekuasaan atas dirinya. Jika mereka merawat tubuh, mereka akan bisa hidup seperti saya," tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.