Sukses

Tinja Mengapung di Toilet, Berbahayakah?

Serat yang tidak larut atau menyebabkan gas, seperti pemanis buatan, membuat tubuh sulit mencernanya dan dapat mempengaruhi kotoran.

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang tinja mungkin menjijikkan. Tapi, pernahkah Anda melihat langsung tinja Anda di toilet, mengapung atau tenggelam saat buang air besar (BAB)? Cobalah sekali-kali memerhatikannya karena rupanya berat jenis tinja yang ditunjukkan dengan kondisi mengapung atau tidaknya bisa menunjukkan apa yang terjadi di dalam usus Anda.

Beberapa masalah mungkin hanya terjadi karena makanan. Tapi masalah lain bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius.

Niket Sonpal, MD, asisten profesor klinis dari gastroenterologi di Touro College of Osteopathic Medicine di New York City, menjelaskan tinja mengapung sebagian besar normal. "Tapi itu bisa menjadi sinyal ada sesuatu yang mulai terjadi. Biasanya, tinja itu sesuatu yang padat, yang seharusnya tidak mengambang," kata Sonpal seperti dikutip Womenshealthmag, Rabu (2/9/2015).

Sonpal menjelaskan, alasan utama kotoran mengapung adalah diet. Serat yang tidak larut atau makanan yang dapat menyebabkan gas, seperti pemanis buatan atau pati, membuat tubuh sulit mencernanya dan dapat mempengaruhi kualitas kotoran.

Sonpal menambahkan, jenis makanan dapat menyebabkan kotoran mengandung gas berlebih, dan udara tambahan akan membuatnya lebih ringan, menyebabkan tinja mengapung. Intoleransi laktosa atau sensitivitas gluten juga menjadi penyebab kotoran yang mengapung.

Apabila Anda rentan terhadap salah satu dari alasan di atas, Anda tak perlu khawatir, karena sebagian besar kasus tinja mengapung disebabkan pilihan diet yang tidak akan mempengaruhi kesehatan Anda secara negatif.

"Namun, ada penyebab yang lebih serius di balik fenomena tinja mengapung," kata Henry Binder, MD, profesor emeritus di Yale School of Medicine.

Menururtnya, tinja mengapung bisa disebabkan peningkatan lemak dalam kotoran, yang merupakan indikasi tubuh Anda tidak memproses nutrisi dengan baik. Jika hal ini terjadi, tinja mengapung merupakan hasil malabsorpsi atau ketidakmampuan tubuh memproses nutrisi tertentu.

Sonpal menyarankan melakukan diet eliminasi jika ingin mengetahui penyebab tinja mengapung. Perlahan-lahan hilangkan satu atau dua jenis makanan dari diet Anda yang dapat menyebabkan gas dalam kotoran Anda sampai masalah berhenti.

"Sebagian besar, perubahan sederhana dalam diet bisa berpengaruh," katanya.

Jika itu tidak berhasil, Anda mungkin memiliki masalah malabsorpsi dan sebaiknya cek ke dokter. (Melly F)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini