Sukses

Kenapa Wanita Hamil Rentan Menderita Diabetes?

Wanita hamil juga berpotensi mengidap Diabetes Mellitus Gestational (DMG)

Liputan6.com, Jakarta Wanita hamil juga berpotensi mengidap Diabetes Mellitus Gestational (DMG). Sejumlah hormon yang mengalami kenaikan selama masa kehamilan menjadi dalang tercetusnya kondisi DMG ini.

"Akibat dari naiknya hormon-hormon tertentu adalah sel-sel tubuh menjadi resisten dengan insulin. Potensi alami kenaikan gula darah pun cukup besar," Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Tri Juli Edi Tarigan dalam diskusi yang diadakan Roche di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015)

Terlebih jika wanita hamil itu berasal dari keluarga yang memiliki riwayat diabetes dan tergolong obesitas. Ditambah lagi dia adalah perokok aktif. "Kalau ini sudah tentu risikonya sangat besar," kata Tri Juli.

Meski sembuh setelah melahirkan, risiko terkena diabetes tipe dua dalam kurun waktu 10 tahun ke depan pada wanita yang pernah DMG juga cukup besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.