Sukses

Manfaat Olahraga bagi Diabetesi

Orang dengan diabetes (diabetesi) perlu mengontrol gula darah agar terhindar dari komplikasi yang membuat penyakitnya makin parah.

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan diabetes (diabetesi) perlu mengontrol gula darah agar terhindar dari komplikasi yang membuat penyakitnya makin parah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggerakan seluruh anggota tubuh secara rutin.

Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan, diabetesi cukup melakukan aerobik tanpa perlu angkat beban. Lakukan setiap hari selama 30 sampai 60 menit.

"Aerobik itu termasuk jogging, berenang, dan bersepeda. Lakukan setiap hari, Senin hingga Jumat, atau lima hari dalam seminggu," kata Tri Juli dalam diskusi yang diadakan Roche di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015)

Dengan berolahraga, lanjut Tri Juli, sel-sel otot lebih sensitif terhadap insulin. Dengan begitu gula darah yang berada di luar masuk ke dalam sel.

"Sebelum itu, pemilik glukosa darah kurang dari 100 mg/dL harus mengonsumsi karbohidrat sebelum latihan. Jika lebih dari 250 mg/dL, saya anjurkan untuk menunda latihan," kata Tri Juli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.