Sukses

Awas, Bawa Tas Sekolah Terlalu Berat Berbahaya buat si Kecil

Mulai dari sakit punggung, pusing, hingga pertumbuhan terganggu.

Liputan6.com, New York- Ada banyak masalah kesehatan akibat membawa membawa tas sekolah terlalu berat bagi anak. Sakit punggung hanyalah satu dari sekian banyak akibat yang bisa ditimbulkan.

Dalam studi yang dilakukan University of California, San Diego, Amerika Serikat di tahun 2010 anak-anak yang membawa tas berat berdampak pada sakit punggung. Sekitar tiga per empat persen anak usia 11 sampai 14 tahun mengalami sakit punggung. Penelitian serupa di tahun 2011 pun menyatakan hal serupa.

"Tak cuma itu, tas berat yang dibawa anak juga bisa membuat anak sakit kepala dan sulit konsentrasi di sekolah," terang profesor klinis di Boston University, Amerika Serikat, Karen Jacobs.

Dokter di bidang osteopathic, Rob Danoff pun mengungkapkan dampak buruk bawa tas berat. Menurutnya membawa beban tas terlalu berat pada saat tubuh sedang berkembang bisa mengubah postur anak, menekan tulang punggung, dan mengganggu pertumbuhan.

Dannoff pun menyatakan agar orangtua memeriksa tas ransel anak setiap hari untuk meastikan isi di dalamnya benar-benar barang yang dibutuhkan seperti dikutip laman Time, Selasa (1/9/2015).

Lalu, Danoff pun menyarankan kepada orangtua untuk memilihkan desain tas punggun yang tepat untuk mengeruangi tekanan di bahu dan tulang belakang. Pastikan tali bahu lebar dan empuk untuk cegah rasa sakit dan nyeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.