Sukses

Obat Diabetes Bikin Ginjal Rusak?

Obat diabetes sudah menjalani penelitian yang panjang dengan berbagai tingkatan lebih dahulu sebelum boleh diminum manusia

Liputan6.com, Jakarta Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Tri Juli Edi Tarigan pernah ditanya pasiennya perihal obat diabetes, apakah dapat merusak ginjal jika dikonsumsi terlalu sering?

Lalu dia pun menjelaskan bahwa obat diabetes sudah menjalani penelitian yang panjang dengan berbagai tingkatan lebih dahulu sebelum boleh diminum manusia.

Karena itu, para penderita diabetes tak perlu takut dan khawatir bahwa obat yang mesti diminum sepanjang hayat ini bakal merusak ginjal. "Jelas itu mitos dan anggapan yang salah," kata Tri Juli dalam diskusi yang diadakan Roche di Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015).

Tri, tegasnya sekali kali mengatakan bahwa obat diabetes aman dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak merusak ginjal.

Diabetes merupakan penyakit yang melekat seumur hidup. Agar tidak mengalami komplikasi, jagalah kadar gula darah, tekanan darah, dan kadar lemak darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.