Sukses

Hati-hati, Keputihan pun Bisa Jadi Tanda Diabetes

Keputihan umum terjadi sebelum dan sesudah wanita mengalami menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Keputihan umum terjadi sebelum dan sesudah wanita mengalami menstruasi. Namun, waspadai keputihan sebagai gejala kencing manis jika kondisi itu sering terjadi di waktu yang tidak tepat.

Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Tri Juli Edi Tarigan mengatakan, karena daya tahan tubuh orang dengan gula darah tinggi cukup rendah, kemampuan membunuh kuman relatif kecil. Maka itu, keputihan karena bakteri terus terjadi.

"Sel pertahanan tubuh atau leukositnya dan kemampuan membunuh kuman berkurang, yang terkena kuman tidak kunjung sembuh," kata Tri Juli dalam diskusi yang diadakan Roche di Kawasan Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015)

Lebih lanjut, karena gejala ini jarang disadari, cukup banyak kasus yang ditemukan mengalami keputihan ternyata mengidap diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini