Sukses

Bahaya Bila Anda Tidur Kurang dari 6 Jam

Tidur kurang dari enam jam setiap malam risiko risiko terkena flu atau salesma meningkat empat kali dibandingkan yang tidur tujuh jam.

Liputan6.com, New York- Jika Anda ingin sehat, penuhi kebutuhan tidur cukup dan berkualitas. Menurut studi terbaru, orang yang tidur kurang dari enam jam setiap malam risiko risiko terkena flu atau salesma meningkat empat kali dibandingkan yang tidur lebih dari tujuh jam.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Sleep edisi September, penelitia melakuan analisis terhadap 164 orang dewasa. Saat penelitian pertama, partisipan dimonitor seberapa banyak tidur setiap malam dalam satu minggu. Beberapa minggu kemudian mereka diinjeksi rhinovirus. Lalu selama lima hari mereka dikarantina di hotel.

Setelah dilakukan analisis, diketahui bahwa partisipan yang tidur tujuh jam maupun kurang risiko terkena salesma empat kali lebih tinggi dibanding tidur lebih dari tujuh jam. Lalu, yang tidur kurang dari lima jam risiko terkena penyakit ini 4,5 kali.

"Kita tahu tidur penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Ketika kita tidur cukup, tubuh jadi kurang efektif untuk melawan virus," terang profesor psikiatri dari University of California, San Francisco, Amerika Serikat, Aric Prather.

Lewat studi ini Prather mengungkapkan ini adalah bukti yang meyakinkan tidur bisa berdampak terhadap risiko terkena salesma seperti dikutip laman Time, Rabu (1/9/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini