Sukses

Menteri Kesehatan se-Asia Tenggara Bahas Agenda Kesehatan di Dili

Menteri Kesehatan dari 11 negara anggota WHO kawasan Asia Tenggara akan bertemu di Dili, Timor Leste pada 7-11 September 2015

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan dari 11 negara anggota WHO kawasan Asia Tenggara akan bertemu di Dili, Timor Leste pada 7-11 September 2015. Rencananya, mereka akan membicarakan dan menetapkan agenda kesehatan di kawasan Asia Tenggara.

Agenda pertemuan ini juga mencakup percepatan upaya dalam melindungi masyarakat dari tembakau, advokasi agenda kesehatan pasca 2015 (Sustainable Development Goals), dan perluasan layanan kesehatan yang efektif dengan semakin kuatnya barisan tenaga kesehatan.

Selain itu, menurut keterangan pers, mereka juga akan membahas gempa bumi di Nepal dan penyebaran MERS Coronavirus, terutama terkait dengan Peraturan Kesehatan International (International Health Regulation/IHR) 2005 di kawasan ini.

Perdana Menteri Timor Leste, Dr Rui Maria de Araújo pun membuka pertemuan yang dihadiri Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara, Dr Poonam Khetrapal Singh dan membahas kekebalan anti-mikroba.

Fokus lainnya adalah eliminasi penyakit tropis yang kerap ditinggalkan, seperti Kusta, Frambusia, Kaki Gajah (Filariasis) dan Skistosomiasis, adaptasi dan pelaksanaan strategi End TB untuk mengentaskan Tuberkulosis, pencegahan dan pengendalian kanker serta jaminan kesehatan (universal health coverage).

Dibahas pula, target eliminasi Campak dan pengendalian Rubella di Asia Tenggara pada 2020, inisiatif eradikasi Polio, pengelolaan obat secara efektif serta sistem informasi kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.