Sukses

5 Jenis Bunyi dalam Tubuh yang Perlu Diwaspadai

Pernahkah Anda memperhatikan kalau bagian tubuh kita suka mengeluarkan bunyi?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda memperhatikan kalau bagian tubuh kita suka mengeluarkan bunyi? Beberapa di antaranya tak perlu dicemaskan, namun perlu Anda waspadai jika disertai sensasi lainnya karena kemungkinan pertanda ada masalah dalam tubuh.

Ini lima bunyi tubuh yang perlu Anda perhatikan secara serius menurut Dr Natalie Azam, dikutip dari laman Today, Selasa (1/9/2015):

1. Perut bergemuruh

Bunyi gemuruh yang sepertinya datang dari dalam perut Anda merupakan suara udara dan cairan yang digerakkan oleh otot melalui saluran pencernaan. Jika perut Anda bergemuruh saat perut kosong, artinya pencernaan Anda tengah menyapu sisa-sisa makanan.

Kapan saatnya menemui dokter? Hanya jika Anda juga merasakan sakit parah, kram, atau sesak napas seiring dengan bergemuruhnya perut. Atau jika Anda mendapati darah pada kotoran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sendi berderak

2. Sendi berderak

Anda tak perlu khawatir saat sendi-sendi mengeluarkan suara berkeretak. Tekanan pada sendi yang sehat bisa mengubah dan menghasilkan gas yang mengakibatkan bunyi berderak atau berkeretak. Jika sendi-sendi Anda mengeluarkan suara semacam itu tanpa disertai nyeri, Anda bisa mengabaikannya.
Namun jika disertai nyeri dan bengkak atau sensasi tak menyenangkan lain ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

3. Cegukan

Bila Anda cegukan lebih dari 48 jam, segera periksakan diri. Cegukan dalam jangka waktu lama bisa mengindikasikan masalah kesehatan serius, seperti kelainan pada saraf.

3 dari 3 halaman

Sendawa

4. Sendawa

Sedawa atau bertahak adalah pelepasan udara dari perut dan biasanya disebabkan oleh tertelannya udara ketika makan atau minum terlalu cepat. Penyebab lain sendawa adalah kebiasaan atau kondisi medis lain seperti tukak lambung atau masalah empedu.

Sendawa kronis bisa jadi terkait kondisi inflamasi pada perut karena infeksi bakteri penyebab tukak lambung. Sensasi terbakar setelah sendawa juga merupakan gejala luka pada pencernaan dan harus diperiksa oleh petugas medis.

5. Telinga berdenging

Bunyi berdenging pada salah satu atau kedua telinga disebut tinnitus. Biasanya hal ini disebabkan oleh kerusakan pada bagian dalam telinga. Ketika rambut-rambut halus di dalam telinga terlipat atau patah, mereka bisa menyebabkan dorongan elektrik secara acak ke otak dan menyebabkan suara berdenging.

Bila telinga berdenging lebih dari dua hari atau disertai nyeri dan vertigo, segera periksakan diri Anda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.