Sukses

Begini Cara Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Menyikat gigi secara teratur pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur merupakan kunci menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Liputan6.com, Jakarta Menyikat gigi secara teratur pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur merupakan kunci menjaga kesehatan gigi dan gusi sehingga terhindari dari penyakit yang merugikan kita.

"Lakukan selama tiga menit dapat membantu kita memastikan kesehatan gigi jangka panjang," kata Aesthetic dentist asal Mumbai, India, Dr Karishma Jaradi.

Namun, menyikat gigi saja tidak cukup jika tidak dengan sikat gigi yang tepat. Karishma pun memberikan tips memilih sikat gigi yang baik, dikutip dari situs Times of India, Selasa (1/9/2015):

1. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu yang lembut.

2. Pastikan ukurannya pas di mulut kita. Jika ukuran mulut kecil, pilihlah sikat gigi yang kecil, begitu juga sebaliknya.

3. Carilah sikat gigi yang mudah digunakan, apakah listrik atau yang manual.

4. Sikat gigi dengan harga murah sering kehilangan bulu-bulu setelah beberapa kali pemakaian. Biasanya tak sampai 2 kali pemakaian.

5. Beberapa sikat gigi dirancang dapat membersihkan bagian sudut yang sulit dijangkau. Terpenting, kita harus tahu penggunaan kuas sikat gigi yang efektif.

6. Sikat gigi yang terlalu besar atau terlalu kecil tidak efektif menjangkau semua area gigi, mulut, dan gusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.