Sukses

Lakoni 7 Hal Berikut agar Tetap Sehat di Usia Tua

Salah satunya tetap berpikir positif. Pikiran Anda mencerminkan tampilan diri Anda.

Liputan6.com, New York- Menjaga kesehatan di usia tua bukan dilakukan saat sudah tua. Kini selagi masih muda yuk jalankan gaya hidup sehat agar bisa menjalani kehidupan di masa tua nanti dengan bahagia tanpa beban penyakit.

Berikut, beberapa hal yang bisa dilakukan dari sekarang agar tetap sehat hingga usia tua seperti dilansir laman Real Simple pada Selasa (1/9/2015).

1. Pikiran selalu positif
'You are what you think' atau 'Anda adalah apa yang Anda dipikirkan'. Kira-kira itu kalimat yang pas menunjukkan proses menuju usia tua. Ternyata orang tua yang merasa bahwa pertambahan usia adalah tanda makin bijaksana dan bukti kepuasan hidup, 40 persen di antaranya lebih mampu untuk bangkit dari keterpurukan dibanding orang yang merasa usia sebagai tanda orang tak berguna seperti diungkap dalam The Journal of the American Medical Association.

2. Perhatikan nutrisi makanan
Nutrisi yang masuk ke tubuh memainkan peran penting terhadap kesehatan tubuh Anda.

"Penelitian terakhir menunjukkan seseorang yang mengonsumsi diet rendah glikemik dengan mengonsumsi kaya buah dan sayur, biji-bijian, dan protein tanpa lemak kondisi tubuhnya lebih sehat," ungkap Physician Director of Healthcare Transformation di Kaiser Permanente Primary Care, Jeffrey Benabio.

Anda pun bisa memilih mengonsumsi makanan dengan pola diet Mediterania. Berarti ini makan makanan kaya buah dan sayur, biji-bijian, kacang-kacangan. Serta makan ikan seminggu dua kali yang rendah garam.

Penelitian dari Harvard Medical School menyatakan Diet Mediterania membantu tubuh tetap sehat karena mencegah serangan jantung dan stroke. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan jumlah asupan makanan

3. Jumlah asupan makanan
Kebiasaan makan berlebih menyebabkan kematian datang lebih cepat, hal ini terkait dengan penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2 berdasarkan data National Health of Institute.

4. Rutin berolahraga
Tetap aktif berolahraga merupakan salah satu hal penting agar tetap panjang umur. Menurut instruktur dari National Academy of Sports Medicine, Fabio Comana, rata-rata wanita bisa menurunkan massa otot sesudah usia 30-70 tahun. Dengan berolahraga tetap bisa meningkatkan kekuatan dan massa otot.

5. Tetap bersosialisasi
Kehadiran teman-teman dan saudara membantu Anda hidup lebih lama. Hal ini dibuktikan lewat studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS Medicine menunjukkan mereka yang memiliki kehidupan sosial tinggi, 50 persen di antaranya memiliki kesempatan hidup lebih lama.

6. Terlindung dari matahari
Terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari dapat memicu kerutan hadir lebih cepat. Untungnya kini ada tabir surya yang dapat membantu mencegah penuaan kulit.

7. Tidur cukup dan berkualitas
Anda pasti sudah tahu tentang aturan tidur antara enam hingga delapan jam per hari. Jika kurang dari itu bisa meningkatkan risiko terkenan obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Selain itu, selama tidur tubuh melepaskan hormon pertumbuhan yang membantu memulihkan kolagen dan elastin yang penting untuk membuat kulit muda dan sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini