Sukses

2 Trik Simpel Jadi Lebih Kreatif

Ada banyak keuntungan mengaktifkan kedua belahan otak, salah satunya membuat Anda lebih kreatif dan logis.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak keuntungan mengaktifkan kedua belahan otak, salah satunya membuat Anda jadi lebih kreatif dan logis.

Sebagian kita mungkin tahu, otak kiri identik dengan analisa, bahasa, angka, logika, hitungan dan detail (ingatan jangka pendek). Sedangkan otak kanan cenderung berkaitan dengan kreativitas, konseptual, seni atau musik, gambar atau warna, dimensi, emosi hingga imajinasi.

Untuk mengaktifkan kedua otak ini, ternyata ada cara mudah. Mengutip laman Times of India,Selasa (1/9/2015) ada dua hal yang dapat Anda lakukan sekarang juga, seperti:

1. Melakukan aktivitas tak biasa

Agar lebih kreatif, Anda dapat mengimbangi kebiasaan dengan menggunakan tubuh non-dominan. Misalnya, menggunakan tangan kiri saat menulis bila biasanya menggunakan tangan kanan.

2. Mengubah persepsi warna

Sejak 80 tahun lalu, psikolog John Stroop memiliki tes menarik untuk mengukur kemampuan otak kiri dan otak kanan.

Caranya sangat mudah, gunakan pensil atau alat tulis berwarna dan tulis warna dengan pena yang berbeda. Misalnya, menuliskan kata 'kuning' menggunakan pena biru. Tantangannya, Anda harus ikut membacanya dengan 'kuning'.

Teknik ini, kata Stroop secara tidak langsung akan melatih otak untuk menggabungkan warna dan alam bawah sadar Anda agar mengktifkan cingulate anterior, bagian otak yang terletak di antara belahan otak kiri dan kanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.