Sukses

4 Makanan Ini Bikin Jerawat Makin Parah

Mulai dari makanan tinggi garam hingga susu. Berikut simak penjelasannya.

Liputan6.com, London - Pemicu jerawat muncul ada banyak hal mulai dari hormon, obat-obatan, kosmetik, genetik dan banyak hal lain. Sayangnya, konsumsi makanan yang kurang tepat bisa membuat jerawat tambah parah.

Untungnya, dengan mengubah pola makan bisa membuat kulit jadi kembali lembap dan memperbaiki kondisi kulit sehingga jerawat bisa segera mereda seperti diungkapkan ahli kecantikan kulit Crystal Wellman.

Agar jerawat cepat mengempis, berikut empat makanan yang sebaiknya dikurangi seperti dikutip laman Glamour pada Senin (31/8/2015).

1. Garam
Terlalu banyak konsumsi garam dapat membuat kulit dehidrasi. Kondisi ini dap-at membuat kulit jadi membengkak sulit bagi kulit untuk menyembuhkan jerawat seperti diungkapkan Wellman.
Agar jerawat cepat reda lebih baik konsumsi makanan kaya Vitamin E, kalium , kalsium , dan zat besi , yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda dan kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Roti dan biji-bijan olahan

2. Roti dan biji-bijan olahan
Wellman mengatakan kondisi ini dapat menyebabkan ledakan insulin sehingga dapat meningkatkan jumlah jerawat. "Tapi beras cokelat merupakan alternatif sumber karbohidrat yang baik karena juga kaya Vitamin B dan protein. Vitamin B juga bertindak mengatur hormon yang menjauhkan dari stres," terang Wellman.

3. Kerang
"Udang, kerang, kepiting, dan lobster merupakan makanan tinggi yodium yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat datang," terang Wellman.
Sebaiknya pilih makanan laut yang menyehatkan jantung seperti tuna dan salmon yang mengandung asam lemak seperti Omega-3 dan Omega-6.

4. Susu
Dairy products seperti susu skim mengandung hormon bioavalaible. "Kandungan tersebut dapat membuat kulit stres yang membuat jerawat muncul," terang Wellman.
Lebih baik konsumsi sayur brokoli yang mengandung Vitamin A, B, C, E, dan K.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.

    Jerawat

Video Terkini