Sukses

Para Pekerja, Cermati Risiko Kesehatan yang Anda Hadapi

Masing-masing pekerjaan memiliki risiko kesehatan yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Masing-masing pekerjaan memiliki risiko kesehatan yang berbeda tergantung jenis dan faktor yang berperan. Dengan medical check up (MCU) karyawan tahu penyakit apa yang diidap, sehingga tahu juga harus melakukan pengobatan apa.

Dokter Ahli di Bidang Keselamatan Kerja di RSU Bunda Menteng, Dr Edi Alpino, MKK menyontohkan, karyawan yang terpapar bising harus mengecek kesehatan kuping apakah fungsi pendengaran masih bagus atau tidak. Pun pekerja di lautan lepas, tak luput dari risiko kesehatan yang mengancam jiwa.

"Dengan MCU, perusahaan bisa memastikan apakah karyawan mampu dan sehat untuk bekerja. Karena MCU tidak hanya menguntungkan karyawan secara individu, tapi menguntungkan perusahaan karena dapat mengoptimalkan hasil kinerja karyawan," kata Edi ditulis Senin (31/8/2015)

Edi melanjutkan, akibat dari suhu dan kelembaban yang berbeda dari tiap pekerjaan itu, masalah paru-paru tampaknya yang harus dikhawatirkan. "Apalagi gaya hidup sehat orang sekarang sudah berubah jauh. Sehingga rentan mengalami masalah degeneratif," kata Edi menerangkan.

Selain itu, masalah kebersihan pekerja tampaknya terlupakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini