Sukses

Salah Satu Obat Paling Manjur agar Anda Bahagia

Mereka melihat satu kata 'terima kasih' ternyata dapat berdampak pada kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian menarik yang dilakukan Pusat Psikologi Amerika menemukan cara mudah agar Anda bahagia. Mereka melihat satu kata 'terima kasih' ternyata dapat berdampak pada kesehatan mental.

Direktur Pusat Psikologi di University of Pennsylvania, Martin Seligman, Ph.D mengatakan, bentuk apresiasi dan rasa syukur ini memberikan makna dan ketulusan ini yang membuat seseorang bahagia.

Seligman, penulis buku Happiness Authentic, meminta 411 orang sebagai bagian dari studi ini untuk melakukan salah satu dari enam tugas yang membuat seseorang bahagia. Hasilnya, pilihan kata 'Terima Kasih' ternyata memiliki dampak yang paling signifikan menekan depresi.

Menariknya, kata ini juga memberikan manfaat bahkan hingga satu bulan. "Teori kebahagiaan begitu sederhana. Rasa beryukur adalah alasan kuat untuk jiwa yang sehat," kata Peneliti dari University of California, Sonja Lyubomirsky, Ph.D.

Dalam bukunya, The How of Happiness: A Scientific Approach to Getting the Life You Want, Sonja berpendapat, 50 persen kebahagiaan dimiliki seseorang secara genetik, 10 persen karena hidup kaya atau miskin, sehat dan tidak sehat serta 40 persen lainnya didapatkan dari perilaku.

"Ini membuktikan kata-kata positif memengaruhi kebahagiaan kita sendiri," pungkasnya, seperti dikutip Askmen, Senin (31/8/2015).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini