Sukses

5 Alasan Jabat Tangan Tak Baik bagi Kesehatan

Bersalaman ternyata buruk untuk kesehatan. Ini 5 faktanya

Liputan6.com, Jakarta Bersalaman atau berjabat tangan adalah cara yang bagus dan sopan untuk menyapa orang lain. Namun, kita tak menyadari, bersalaman pun dapat menyebarkan virus dari orang lain ke tubuh kita.

Ketika bersalaman, virus berbahaya menyerang tubuh kita yang sehat. Di sisi lain, mungkin saja orang yang kita ajak bersalaman belum mencuci kedua tangan hingga bersih sehabis dari toilet untuk buang air kecil maupun buang air besar.

Berikut alasan lain yang membuat bersalaman atau berjabat tangan menjadi aktivitas yang justru merugikan untuk kita, dikutip dari situs Boldsky pada Senin (21/8/2015)

1. Tertular flu

Tangan selalu jadi penutup mulut ketika kita bersin. Terkadang, kita bersalaman sebelum tangan dicuci bersih. Virus yang ada di tangan pun seketika berpindah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batuk

2. Batuk

Ketika batuk, hindarilah bersalaman dengan orang yang sehat. Pun sebaliknya, hindari bersalaman dengan orang yang batuk.

3. Penyebaran virus berbahaya

Orang dengan cacar harus menghindari bersalaman dengan orang yang sehat. Kuman virus ini begitu kuat sehingga dapat menyebar dengan mudah.

4. Penyakit perut

Tangan yang kotor dapat menularkan infeksi seperti noroviruses dan salmonella yang dapat menyebabkan diare dan muntah.

5. Infeksi usus

Bersalaman dengan tangan yang tidak sehat dapat membawa bakteri yang mampu menyebabkan infeksi di usus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini