Sukses

Memasuki Usia 35 Tahun Baiknya Segera Lakukan Medical Check Up

Metabolisme orang berumur 30 tahun ke atas cenderung menurun sehingga mudah sekali terserang beragam penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Metabolisme orang berumur 30 tahun ke atas cenderung menurun sehingga mudah sekali terserang beragam penyakit. Inilah alasan karyawan yang memasuki usia 35 ke atas dianjurkan medical check up (MCU) secara rutin.

Koordinator Medical Check Up Departement RSU Bunda Menteng, dr Sphatika Ekakartikka mengatakan, orang-orang yang memasuki usia itu dihantui oleh masalah kolesterol, hipertensi, dan obesitas yang bila tidak segera ditangani jadi bumerang untuk kesehatan diri sendiri.

"Maka itu, karyawan berumur 35 tahun ke atas sangat dianjurkan melakukan medical check up (MCU) setahun sekali. Jangan takut bila terdeteksi penyakit tertentu. Justru, semakin cepat diketahui, bisa diobati lebih awal," kata Tika ditulis Senin (31/8/2015).

Perusahaan pun diimbau untuk melakukan MCU terhadap seluruh karyawannya. Sumber daya manusia (SDM) yang sehat dan produktif merupakan aset perusahaan yang paling penting. "MCU bagi karyawan biasanya meliputi pemeriksaan dokter, cek kesehatan mata, rontgen, hingga pemeriksaan darah dan urine," kata dia melanjutkan.

Tika menambahkan, karyawan yang tidak memiliki keluhan apa pun bisa melakukan MCU yang paling sederhana. Seperti pengukuran kadar kolesterol, risiko diabetes, fungsi hati, dan ginjal. 

 

Baca juga: 

Perusahaan Diimbau Lakukan Medical Check Up bagi Karyawan 

Pentingnya Medical Check Up untuk Karyawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini