Sukses

Ini Manfaat Kelahiran Anak Kedua bagi Orangtua

Hanya butuh waktu empat minggu setelah kelahiran kedua untuk mereka menyesuaikan diri bahwa mereka telah menjadi orangtua dari dua anak.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan suami-istri rentan alami stres begitu dikaruniai anak pertama. Hal ini lumrah mengingat tugas dan tanggung jawab yang besar menanti di depan mata. Namun, siapa sangka, kualitas hidup kembali normal kala mereka mendapat anak kedua?

"Hanya butuh waktu empat minggu setelah kelahiran kedua untuk mereka menyesuaikan diri bahwa mereka telah menjadi orangtua dengan dua orang anak," kata Profesor Psikologi dari University of Michigan, Brenda Volling. Sedangkan pada anak pertama, butuh waktu lebih dari sebulan untuk menyesuaikan semua keadaan.

Menurut Brenda, kondisi ini membuktikan, ketahanan satu keluarga bakal lebih kokoh setelah kelahiran anak kedua. "Sekalipun perubahan yang terjadi cukup signifikan, mereka mampu menyelesaikannya dalam waktu yang sebentar," kata Brenda dikutip dari situs Times of India, Senin (31/8/2015).

Penelitian yang melibatkan lebih dari 200 pasangan yang telah menikah, memiliki anak, dan cenderung menggunakan komunikasi yang destruktif seperti berteriak, mengancam, berselisih ini juga memperlihatkan anak dapat meredakan semua emosi yang dimiliki perempuan sebagai ibu dan laki-laki sebagai ayah.

Dan temuan ini telah dipublikasikan ke dalam Jurnal Couple and Family Psychology.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini