Sukses

Rumput Laut, Bahan Antibiotik Generasi Baru?

Eksperimen awal peneliti Inggris telah membuktikan bahwa rumput laut memiliki beragam susunan bahan antimikrobial.

Liputan6.com, London Para peneliti Inggris tengah berusaha menggunakan sifat antimikrobial dari rumput laut yang tumbuh di sekitar garis pantai Inggris Raya untuk mengembangkan antibiotik generasi baru, jelas tim peneliti dari University of Exeter.

Meningkatnya bakteri yang resistan terhadap pengobatan kombinasi, diperlukan jenis obat baru yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi. Lingkungan alami bisa menjadi sumber yang kaya akan antibiotik.

Tim peneliti dari University of Exeter mencoba mengungkap bahan yang dapat dijadikan dasar antibiotik generasi baru yang bisa mengatasi infeksi akibat `superbugs` seperti MRSA, dilansir laman Medindia, Senin (31/8/2015).

"Eksperimen awal kami telah membuktikan bahwa rumput laut memiliki beragam susunan bahan antimikrobial. Yang menarik, beberapa ekstraknya sangat efektif memerangi bakteri yang paling resistan dan berbahaya. Kami berharap penelitian ini bisa membantu penemuan obat baru dengan lebih cepat dan murah," ujar Michiel Vos, pemimpin studi.

Area pesisir Cornwall di Inggris yang memiliki beragam spesial rumput laut adalah tempat yang tepat untuk melakukan penelitian ini.

Resistensi antibiotik adalah masalah serius dan global yang dihadapi dunia saat ini. Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga melaporkan bahwa kasus resistensi antibiotik adalah ancaman besar bagi kesehatan publik.

 

Baca juga: 

Awas, Bahaya Penyalahgunaan Antibiotik 

Hati-hati, Keliru Konsumsi Antibiotik Bisa Sebabkan Resistensi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini