Sukses

Pria Ini Tak Kenakan Pakaian 40 Tahun Akibat Alergi

Seorang pria di India, Subal Barman (43) mengaku alergi pakaian sejak usia lima tahun.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di India, Subal Barman (43) mengaku alergi pakaian sejak usia lima tahun. Dia pun merasa menderita namun tidak dapat meninggalkan desa karena tidak memiliki cukup biaya untuk berobat.

Petani yang tinggal di Desa Rajpur ini mengatakan sering merasa malu karena tidak dapat pergi ke acara pernikahan keluarga atau kerabat. Dia pun kesulitan saat cuaca ekstrem.

"Kondisi ini sangat tidak nyaman. Saya bahkan tidak dapat tidur di atas seprai karena kulit ini sangat sensitif. Di sisi lain, orang asing sering melihat saya tidak sopan," demikian kutipan wawancara Subal pada Dailymail, Minggu (30/8/2015).

Subal menceritakan kisahnya yang hampir meninggal saat mengenakan pakaian ketika kecil. "Rasanya seperti terbakar dan tak tertahankan." 

Beruntung, tetangga dan orang di kampungnya telah terbiasa dengan kondisinya. Dia pun diperbolehkan beraktivitas seperti layaknya penduduk lain meski tak mengenakan pakaian.

Sementara untuk mengatasi cuaca yang panas di negerinya, dia mengatakan bisa mandi beberapa kali. "Panas membuat kulit saya seperti ditusuk duri. Air lah yang membantu. Dan mungkin saya akan telanjang selama sisa hidup ini."

Juru bicara British Skin Foundation, Profesor Hywel Williams berpendapat, Subal mungkin menderita satu bentuk Dysaesthesia, kerusakan saraf perifer yang membuat kulitnya sensitif saat tersentuh sesuatu.

"Penderita dysaesthesia akan mengalami sensasi seperti tertusuk jarum, terbakar, kesemutan yang menyakitkan. Kondisi ini dapat terjadi pada penderita diabetes atau multiple sclerosis," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini