Sukses

Normalkah Bila Warna Puting Berubah Saat Hamil?

Mengapa warna puting payudara menjadi gelap ketika wanita hamil?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu perubahan fisik yang terjadi saat hamil adalah bentuk payudara yang membesar dan warna puting dan areola (area sekitar payudara) menjadi gelap. Lantas, apakah ini normal?

Seperti diberitakan Pregnancymagazine, Minggu (30/8/2015), hal ini tidak perlu Anda khawatirkan karena selama hamil, hormon akan membuat perubahan warna puting dan ini normal.

Jadi selama hamil, hormon akan merangsang melanin yang bertanggung jawab atas perubahan warna kulit payudara (areola). Daerah lain yang lebih gelap juga terjadi di sekitar alat kelamin atau bagian dari kulit Anda yang sering terkena gesekan, seperti ketiak atau paha bagian dalam. Ada pula yang mengalami perubahan warna pada bibir atas, hidung, tulang pipi dan dahi.

Tapi, apakah perubahan warna ini permanen? Menurut pakar kesehatan, sebagian besar perubahan warna yang terjadi saat Anda hamil akan memudar beberapa bulan setelah melahirkan. Namun, beberapa wanita ada yang memiliki perubahan warna yang semakin gelap dibandingkan sebelumnya.

"Anda tidak dapat mencegah tubuh memproduksi melanin selama kehamilan. Tapi Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang lembut yang meminimalisir iritasi dan membuatnya terlihat lebih gelap," ungkap ahli kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.