Sukses

Waspada, Warna Mata Kuning Bisa Jadi Tanda Lever Bermasalah

Gejala mata kekuningan misalnya, bisa menjadi tanda penyakit lever atau hati yang berpotensi fatal.

Liputan6.com, Jakarta Seperti kelainan mata lainnya, penting bagi Anda tidak mengabaikan perubahan warna pada mata. Gejala mata kekuningan misalnya, bisa menjadi tanda penyakit lever atau hati yang berpotensi fatal.

Pakar kesehatan Cassandra Barns mengatakan, mata kekuningan merupakan tanda Hepatitis, disfungsi hati, obstruksi saluran empedu atau penyakit kuning. 

"Sebelum makanan melewati seluruh tubuh, lever akan menjadi filter (penyaring) racun pada makanan yang kita konsumsi. Selama proses ini, hati mengeluarkan empedu yang merupakan cairan hasil pembakaran sel-sel darah yang sudah tua atau mati. Bila ini tidak berjalan dengan baik, maka warna kulit dan bagian putih mata berubah menjadi kekuningan karena meningkatnya bilirubin dalam plasma darah," katanya, seperti dimuat Dailymail, Minggu (30/8/2015).

Untuk mencegahnya, pakar kesehatan Michela Vagnini mengatakan untuk melakukan hal berikut:

1. Mengurangi alkohol 

2. Membatasi makanan olahan, minyak, dan mengurangi asupan gula dan tepung putih

3. Memperbanyak konsumsi sayuran untuk mengikat empedu dan membuang racun dalam usus, serta menyerap vitamin, mineral dan antioksidan untuk mendukung detoksifikasi. Secara khusus, konsumsi sayuran pahit seperti selada, dan sayuran seperti kol, brokoli, dan kembang kol.

4. Konsumsi telur dan bawang merah-putih

Konsumsi telur dan bawang akan mendukung proses detoksifikasi

5. Konsumsi suplemen hati yang mengandung kolin, serta milk thistle, artichoke, brokoli konsentrat, dan berbagai antioksidan yang kaya seluruh ekstrak makanan

6. Minum air hangat dengan perasan air jeruk lemon  di pagi hari untuk membersihkan tubuh Anda dari racun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini