Sukses

Waspada, `Mata Panda` Bisa Jadi Tanda Gangguan Tiroid

Bila istirahat tidak membantu, kemungkinan Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti gangguan tiroid.

Liputan6.com, Jakarta Lingkaran gelap di bawah mata identik dengan kelelahan atau kurang tidur. Tapi bila istirahat tidak membantu, kemungkinan Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti gangguan tiroid.

"Jika Anda yakin sudah cukup tidur tapi masih merasa terlalu lelah, kemudian disertai lingkaran hitam yang tak kunjung hilang, segera periksakan diri dan konsultasikan kemungkinan gangguan tiroid," kata ahli gizi Cassandra Barns, seperti diberitakan Dailymail, Minggu (30/8/2015).

Barns mengatakan, ada dua penyebab masalah kesehatan bila seorang wanita kerap lelah, seperti misalnya masalah tiroid atau anemia.

Tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu di bagian depan leher yang memproduksi hormon untuk mengontrol kecepatan metabolisme. Jenis yang paling umum dari gangguan tiroid meliputi: hipotiroidisme, yakni kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon. Lalu, hipertiroidisme, yakni kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon.

Penderita gangguan tiroid ini berisiko mengalami masalah kesehatan lebih serius seperti penyakit jantung, osteoporosis dan infertilitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini