Sukses

7 Keuntungan Berkepribadian Sensitif

Sering dianggap si Lemah, tapi orang sensitif juga miliki banyak sisi positif dengan kepribadian seperti itu.

Liputan6.com, New York- Orang yang memiliki kepribadian sensitif cenderung mudah untuk menangis sekaligus bersorak-sorai bahagia. Emosi orang seperti ini sangat mudah tersentuh dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

Tak jarang, orang sensitif disebut manusia lemah karena mudah menunjukkan emosi seperti sedih, terharu, hingga menangis.
Meski begitu, tak sedikit sisi positif yang dimiliki orang sensitif. Tujuh di antaranya seperti dilansir laman Huffington Post, Sabtu (29/8/2015).

1. Empati tinggi
Orang yang memiliki kepribadian sangat sensitif secara alami memiliki empati tinggi menurut peneliti di bidang kepribadian, Elaine Aron. Kepribadian tinggi empati seperti ini baik untuk kepedulian terhadap teman atau orang yang membutuhkan.

2. Enggan terlibat konflik
Situasi konfrontatif cenderung membuat kecemasan bagi orang yang memiliki empati tinggi. Orang seperti ini pun enggan untuk melakukan sesuatu yang bisa menimbulkan konflik maupun perpecahan.

"Orang sensitif cenderung mengurungkan bicara atau kembali duduk karena mereka tipikal yang enggan untuk menghadapi reaksi kekerasan," tegas Aron.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cepat tanggap

3. Cepat tanggap terhadap perasaan seseorang
"Mereka memiliki intuisi yang tajam tentang apa yang dialami orang lain namun tidak dirasakan orang lain di sekitarnnya," terang Aron.

Hal ini berarti, orang sensitif lebih peka terhadap keadaan perasaan seseorang dan tanggap menghadapinya.

4. Bisa jadi pemimpin di kantor
Orang yang sangat sensitif merupakan salah satu anggota tim yang baik seperti diungkapkan Aron. Tapi juga bisa menjadikannya pemimpin besar karena peduli tentang kesejahteraan dan kesuksesan orang di sekitar.

5. Detil terhadap sesuatu
Orang yang sensitif merupakan orang pertama yang melihat perubahan. Sehingga ketika terdapat perubahan terhadap sesuatu ingin segera mengembalikan. Misalnya ketika melihat dekorasi rumah ada yang tertata tidak baik bisa segera langsung merapikan.

6. Emosional dalam hubungan cinta
Jika Anda memiliki pasangan yang memiliki tingkat sensitif tinggi, Anda beruntung. Orang sensitif memiliki emosi cinta yang kuat terhadap pasangannya.

7. Baik hati
Individu yang sensitif dikenal sangat teliliti juga memiliki perilaku yang baik. Orang seperti ini tidak akan tega membiarkan nenek atau orang hamil berdiri saat di kereta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini