Sukses

Studi: Vaksin Flu Mungkin Bisa Cegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian di Australia menemukan, vaksinasi flu dapat menurunkan risiko serangan jantung

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian di Australia menemukan, vaksinasi flu dapat menurunkan risiko serangan jantung. Untuk itu, mereka menyarankan pria di atas 50 tahun untuk mendapatkan vaksin flu.

Pemimpin studi, Profesor Raina MacIntyre mengatakan, vaksin flu bisa menurunkan risiko serangan jantung sebesar 45 persen. Hal ini menjadi langkah untuk mendorong pemerintah setempat dalam upaya preventif. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Heart ini meneliti 16 studi dari seluruh dunia.

"Flu dapat meningkatkan denyut jantung, menaikkan suhu tubuh dan menambah jumlah oksigen dalam darah. Hal ini berkaitan dengan konsistensi darah sehingga menyebabkan pembekuan darah dan menghambat arteri," katanya, seperti dikutip News, Sabtu (29/8/2015).

Peneliti mengungkapkan, bagaimana obat penurun kolesterol seperti statin, hanya 25 persen efektif mencegah serangan jantung. Sedangkan obat tekanan darah 15-18 persen efektif dan berhenti merokok 26 persen efektif mengurangi risiko penyakit jantung.

Kendati demikian, kata dia, upaya ini adalah intervensi untuk mencegah jumlah kematian akibat sakit jantung yang terus meningkat.

"Vaksin flu lebih aman, efektif dan tidak mahal. Berdasarkan temuan penelitian, saya akan merekomendasikan hal ini bagi siapa pun terlepas berapa usianya," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini