Sukses

Ini yang Terjadi Bila Pensiun Pakai Sepatu High Heels

Selain kaki lebih nyaman, punggung pun jadi lebih sehat.

Liputan6.com, New York- Salah satu sepatu yang wajib dimiliki perempuan adalah high heels atau sepatu tumit tinggi. Sepatu jenis ini memang mampu membuat tampilan jadi lebih menarik namun membuat kaki sakit, terluka, dan pegal.

Ketika mempensiunkan sepatu hak tinggi, paling tidak ada lima hal yang akan terjadi pada tubuh seperti dilansir laman Women's Health, Sabtu (29/8/2015).

1. Kaki lebih panjang

Sepatu hak tinggi tentu membuat kaki terlihat jenjang namun sebenarnya ketika melepaskan sepatu juga membuat kaki lebih panjang. Bagaimana bisa? Dalam satu studi yang dipublikasikan dalam Jurnal of Applied Physiology tahun 2012, menggunakan sepatu hak tinggi membuat langkah lebih pendek tapi juga betis lebih pendek.

2. Punggung terasa nyaman

Memakai sepatu hak tinggi memang membuat bokong terlihat lebih menonjol namun hal ini malah menyiksa tulang belakang. Lumbal tulang belakang jadi lebih tertekan seperti diungkapkan chiropractor Todd Sinett.

Penggunaan high heels pun bisa membuat wanita mengalami spondylolisthesis, sebuah kondisi yang membuat kerusakan rasa sakit dan kerusakan pada saraf di bagian tulang belakang.

Agar tak terkena kondisi tersebut, melepas sepatu hak tinggi dapat meredakan tekanan pada tulang belakang sehingga mengurangi nyeri punggung bawah.

3. Tubuh seimbang

Sebuah studi 2015 terhadap petugas training sebuah maskapai Korea Selatan menemukan bahwa beberapa tahun menggunakan hak tinggi menyebabkan ketidakseimbangan kekuatan antara otot pada sisi pergelangan kaki dan tubuh bagian depan juga belakang.

Beda halnya saat menggunakan sepatu datar yang dibuat seperti telapak kaki yang berfungsi untuk menjaga stabilitas pergelangan kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.