Sukses

Cara Cepat Keringkan Telinga Kemasukan Air

Ini cara cepat untuk mengeluarkan air dari telinga Anda.

Liputan6.com, Jakarta Telinga kemasukan air bukan hal yang mengenakkan. Ini umumnya terjadi saat berenang ataupun mandi. Setiap orang bisa saja memiliki cara masing-masing untuk mengatasinya. Tapi, ada cara cepat untuk mengeluarkan air dari telinga Anda.

Orang yang kemasukan air di telinga mungkin memilih cara menyekanya dengan cotton bud atau mengeringkannya dengan blow dryer. Tapi, apabila kapas masuk terlalu dalam bisa merusak gendang telinga. Dan penggunaan pengering ke kanal telinga dengan udara panas akan mencairkan kotoran telinga dan membuatnya mengalir ke kanal telinga, demikian yang dijelaskan seorang profesor THT di Harvard Medical School Steven Rauch, MD.

Rauch menjelaskan, solusi terbaik adalah menggunakan alkohol. Tabung telinga Anda, seperti kanal dengan lapisan lembut, kulit berminyak akan menyebabkan H2O berada di atas, mirip dengan cara air hujan yang menetes pada mobil yang baru di-wax. Anda perlu memecah permukaan yang tegang dan itu bisa dilakukan dengan alkohol.

"Sehingga air akan keluar," kaya Rauch seperti dikutip Menshealth, Sabtu (29/8/2015).

Caranya, celupkan bola kapas ke alkohol, miringkan kepala Anda ke salah satu sisi dan peras cairan ke dalam telinga yang kemasukan air. Anda mungkin perlu memijat dari luar untuk membantu alkohol mengeringkan kanal.

Selanjutnya, duduk dan miringkan kepala ke arah lain sehingga air bisa mengalir keluar. Apabila tak berhasil air bisa terjebak di belakang kotoran telinga yang menumpuk. Anda perlu mendatangi otolaryngologist, yang dapat membersihkannya. (Melly F)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini