Sukses

Lensa Kontak Butakan Mata Kiri Pria Ini, Kok Bisa?

Saat tidur, bakteri yang hadir di lensa kontak tumbuh berkembang hingga mata kirinya buta.

Liputan6.com, New York- Usai semalaman tidur dengan kondisi mata gatal dan gejala infeksi sinus, Chad Groeschen (39) terbangun dengan mata yang terasa amat sakit. Ia baru ingat, semalaman itu ia tidur dengan menggunakan lensa kontak. Namun siapa sangka, matanya yang kesakitan itu akan berujung pada kehilangan penglihatan pada mata kiri.

Usai mendapati keluhan tak menyenangkan di mata, ia langsung memeriksakan diri. Dokter yang memeriksa mengatakan pria ini mengalami infeksi bakteri Pseudomonas. Bakteri yang terdapat pada lensa kontak yang berkembang saat ia tidur.

Untuk memulihkan penglihatannya, Groeschen butuh pengobatan serius dengan transplantasi kornea seperti dikutip laman Cosmopolitan, Jumat (28/8/2015).

Berdasarkan pengalamannya ini, pria asal Cincinnati, Amerika Serikat ini meminta pengguna lensa kontak untuk tak meremehkan aturan penggunaan lensa kontak. Entah itu ketika berenang, mandi, atau tidur.

Sertakan kebiasaan menjaga kebersihan saat menggunakan lensa kontak, salah satunya mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menyentuh lensa kontak. Bersihkan lensa kontak sebelum digunakan dengan disinfektan. Pastikan juga mengganti setiap tiga bulan sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini