Sukses

Kalau Anda Sulit Bayangkan Orang yang Dicinta

Saat Anda kesulitan memvisualisasi sesuatu, termasuk membayangkan orang yang dicintai, mungkin Anda menderita Aphantasia.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda kesulitan memvisualisasi sesuatu, termasuk membayangkan orang yang dicintai, mungkin Anda menderita Aphantasia.

Seperti dikutip Dailymail, Aphantasia adalah istilah medis untuk menggambarkan orang yang lahir tanpa memiliki 'mata pikiran' sehingga sulit bagi mereka mengingat wajah, membayangkan suatu adegan atau menghitung domba ketika ingin tidur.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya gangguan proses otak dalam memvisualisasikan gambar. Sebab visualisasi adalah hasil dari aktivitas dalam jaringan di otak.

"Visualisasi yang dihasilkan dalam jaringan di otak termasuk frontal dan lobus parietal, inilah yang mengatur proses visualisasi. Mereka bersama-sama di lobus temporal dan oksipital menghasilkan gambar dan memanfaatkan memori yang kita dapatkan sejak lahir. Namun penderita Aphantasia tidak memiliki kemampuan ini," kata Profesor Adam Zeman, di University of Exeter Medical School.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam Jurnal Cortex, Zeman mengatakan, Aphantasia pertama kali diidentifikasi oleh Sir Francis Galton pada 1880.

Profesor Zeman dan timnya berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mengapa beberapa orang dilahirkan tanpa memiliki kemampuan citra visual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini