Sukses

4 Bahan Alami untuk Atasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Karena banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menenangkan rasa sakit dan gatal akibat terbakar.

Liputan6.com, Jakarta Segala cara dilakukan supaya terhindar dari paparan sinar matahari berlebih. Seperti mengenakan pakaian lengan panjang, kacamata hitam, topi, dan tak lupa juga menggunakan tabir surya.

Namun, karena lupa atau tak suka menggunakan itu semua, kulit pun rentan terbakar. Tenang saja jika kondisi itu menimpa kita, ada banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit dan gatal akibat terbakar. Berikut bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan, dikutip dari situs Prevention, Rabu (26/8/2015): 

1. Lidah buaya

Lidah buaya mudah didapat. Toko buah atau apotek menjual lidah buaya. Ahli nutrisi dari Inggris Dr Patricia Fitzgerld mengatakan, tanaman lidah buaya bagus untuk menenangkan kulit yang terbakar.

Potong dan biarkan cairan berwarna kuning keluar. Sendok gel lidah buaya dan masukkan ke dalam mangkok. Simpan di kulkas agar dingin.

2. Yoghurt

Yoghurt memiliki sifat anti-inflamasi, sedangkan teksturnya yang lembut seperti losion dapat membantu kulit yang terbakar jadi lembab. Gunakan yoghurt tanpa rasa agar aman untuk kulit Anda. Anda juga dapat mencampurnya dengan minyak lavender agar lebih tenang.

3. Susu sapi

Susu sapi dapat digunakan mengobati kulit yang terbakar. Buatlah kompres dengan merendam kain kasa atau kain ke dalam susu dingin dan taruhlah di tempat yang terbakar itu selama 15 sampai 20 menit.

4. Stroberi

Tanin dalam buah stroberi membantu menenangkan kulit rusak yang terbakar karena sinar matahari. Tumbuk beberapa buah menjadi pasta dan taruh di tempat yang terbakar selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.