Sukses

Cara Ampuh Usir Hati Galau

Tak ada salahnya bila Anda menangis untuk menjadikan hidup lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada salahnya bila Anda menangis untuk menjadikan hidup lebih baik. Sebab sebuah penelitian di Belanda menemukan, tangisan ternyata efektif meredakan stres dan membuat perasaan individu lebih baik terutama bila saat galau. Dalam penelitiannya, ilmuwan dari University of Tilburg melihat 60 peserta yang terlibat diminta untuk menonton film-film yang dianggap emosioal seperti La vita è bella (Life is Beautiful) dan Hachi: A Tale Dog selama 90 menit.

Hasilnya cukup menarik, 28 orang diantara mereka menangis dan merasa lebih baik. "Sangat mudah menemukan efek menangis yo-yo saat menonton film, dan kemudian mereka kembali ke suasana asli. Namun mereka yang menangis ini merasa lebih baik bahkan sebelum menonton film," ungkap peneliti, seperti dilansir Medicaldaily, Rabu (26/8/2015).

Jadi mengapa seseorang dapat merasa lebih baik usai menangis? Meskipun peneliti tidak bisa menjelaskan detail namun mereka mengatakan menangis dapat mengurangi stres dengan melepaskan racun melalui air mata kita. Studi sebelumnya mencatat, air mata ini keluar saat seseorang merasa emosional. Menangis juga telah terbukti melepaskan endorfin sehingga membuat kita merasa lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.