Sukses

Ada Riasan Merah 'Bindi' di Dahi Beryodium di India

Bindi, riasan bulat merah yang menempel di dahi kaum hawa bakal memasok dosis ideal dari yodium harian yang mereka butuhkan.

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Nirlaba di Singapura jalin kemitraan dengan Neelvasant Medical Foundation membuat bindi `berisi` yodium guna mencukupi kebutuhan garam perempuan di India. Bindi, riasan bulat merah yang menempel di dahi kaum hawa bakal memasok dosis ideal yodium harian yang mereka butuhkan.

Bindi berisi yodium ini bakal diberikan kepada perempuan yang berada di pedesaan dan tidak mampu. Saat ini lebih dari 300 juta penduduk di sana kekurangan yodium. Tentu berisiko untuk kesehatan mereka. Sebab, kekurangan yodium berkaitan dengan komplikasi kehamilan dan kanker payudara.

CEO Neelvasant Medical Foundation Ali Shabaz mengatakan, bindi ini bakal dimasukkan ke dalam rumah sakit atau pusat kesehatan di sejumlah desa di seluruh India. "Program ini dapat dengan mudah kami perluas untuk menjangkau banyak perempuan di India yang membutuhkan mineral penting ini (yodium) untuk hidup yang lebih sehat," kata Ali dikutip dari MGZ Good, Rabu (26/8/2015)

Perempuan yang tergolong mampu bisa mendapatkan yodium tersebut dari ikan dan produk susu yang bisa dengan mudah mereka beli. Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak mampu?

Studi yang dilakukan peneliti dari Sureey dan Bristol University menemukan, kurangnya yodium dalam diet perempuan hamil tentu berdampak bagi perkembangan otak dari janin yang ada di kandungan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini