Sukses

7 Makanan untuk Mencegah Plak Gigi

Selain menjaga kesehatan gigi dan gusi dengan rajin menyikat gigi, beberapa makanan berikut juga ampuh menghindari gigi dari tumpukan plak.

Liputan6.com, Jakarta Sisa-sisa makanan yang menempel di gigi yang lalu menyatu dengan bakteri menyebabkan plak. Plak kemudian menghasilkan asam yang merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi bolong atau penyakit gusi. Bakteri dari plak juga menyebabkan napas bau dan membuat gigi berwarna kekuningan.

Selain menjaga kesehatan gigi dan gusi dengan rajin menyikat gigi, beberapa makanan berikut juga ampuh menghindari gigi dari tumpukan plak, dikutip dari laman The Science of Eating, Rabu (26/8/2015).

1. Green tea

Peneliti di University of Illinois, Chicago menemukan, individu yang berkumur dengan teh hitam selama 1 menit, 10 kali sehari, memiliki lebih sedikit plak pada gigi mereka dibandingkan dengan orang yang berkumur hanya dengan air.

Minum dan berkumur dengan teh hijau juga bisa mencegah terkikisnya gigi. Studi menunjukkan, teh hijau bisa mencegah gigi menjadi rusak karena terlalu banyak konsumsi makanan berbahan tepung.

2. Cranberries

Buah cranberry mengandung polifenol seperti teh. Polifenol bisa menghalau plak menempel di gigi dan mengurangi risiko gigi bolong, demikian menurut studi yang dipublikasikan Jurnal Caries Research.

3. Kismis

Kismis tak mengandung sukrosa atau gula yang menyebabkan bakteri menempel di permukaan gigi dan memproduksi plak. Kismis juga sumber phytochemicals yang bisa membunuh bakteri plak. Beberapa senyawa dalam kismis juga memengaruhi pertumbuhan dua jenis bakteri mulut yang dikaitkan dengan napas tak segar dan penyakit gusi. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jamur Shiitake

4. Jamur Shiitake

Jamur shiitake mengandung lentinan, gula alami yang mencegah bakteri mulut dari membentuk plak.

5. Keju

Penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal General Dentistry melaporkan, anak usia 12 - 15 tahun yang mengonsumsi keju cheddar memiliki kadar asam yang rendah dalam mulutnya.

Keju membantu menetralkan asam plak, dan mengunyahnya meningkatkan produksi air liur dan membantu melenyapkan bakteri di mulut. Keju juga banyak mengandung phosphate dan kalsium, sehingga membantu menyeimbangkan kadar pH di mulut dan menjaga enamel gigi serta mencegah penyakit gusi dan gigi bolong.

6. Minyak esensial

Minyak esensial seperti eucalyptol, menthol, dan tea tree bisa membantu membunuh bakteri dalam mulut. Minyak tersebut juga menjaga gusi dari radang. Anda bisa meracik pasta gigi atau obat kumur alami dengan bahan tersebut.

7. Bawang merah dan bawang putih

Bawang putih dan bawang merah memiliki efek postif dan negatif bagi Anda. Keduanya bisa menyebabkan bau mulut sekaligus membunuh bakteri di mulut karena mengandung senyawa antimicrobial sulfur.

Menurut peneliti dari South Yorkshier, Inggris, yang menerbitkan penelitiannya dalam Archives of Oral Biology, bawang putih mengandung allicin, yang mencegah penyebab periodontitis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini