Sukses

Mendikbud Ajak Anak Jadi Kreator

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan mengajak pelajar peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional menjadi kreator

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan mengajak pelajar peserta `Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional` menjadi kreator yakni orang yang memiliki ide baru dan gagasan baru.

"Kemampuan imajinasi sangat dibutuhkan karena kemampuan imajinasi yang tumbuh dan berkembang sehingga dapat memberikan solusi-solusi kreatif atas masalah apapun yang akan dihadapi di masa depan," kata Menteri Anies Baswedan saat membuka `Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)` di Palembang, Senin.

Menurut Menteri, seni akan memberikan perbedaan, karena seni bukan matematika atau ilmu pengetahuan, seni mengarahkan orang pada banyak jawaban dari pertanyaan yang sama.

"Saat kita melakukan aktivitas maka akan banyak kreativitas yang muncul," katanya.

Untuk itu para pelajar harus jadi kreator, dengan mengekspresikan seni kreasi bukan ekspresi seni imitasi. Sama seperti baca pantun orang lain, dipelajari lalu dibaca ulang itu adalah imitasi tapi kreasi, kata Anies Baswedan.

Ia berharap, para pelajar menjadikan ajang `Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional` menjadi ajang berkompetisi dan ekspresi seni yang orisinal, kreativitas ekspresi seni sehingga menciptakan generasi berkarakter kreatif untuk Indonesia ke depan.

Sementara, para pelajar juga dapat memanfaatkan ajang ini untuk berinteraksi dan saling menginspirasi karena inspirasi tidak hadir dari dalam isolasi, meditasi, tapi melalui interaksi, serta inspirasi kreatif yang dapat menimbulkan inovasi.

`Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional` yang diikuti 2.619 siswa dari seluruh Idonesia dijadwalkan 23-29 Agustus 2015 menampilkan festival kreasi seni dan perlombaan seni pelajar seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini