Sukses

7 Cara Menjaga Kualitas Sperma

Demi kualitas dan jumlah sperma yang baik, usai menikah pria wajib melakukan hal ini.

Liputan6.com, New Delhi Salah satu hal yang diinginkan usai menikah adalah memiliki buah hati. Agar keinginan tersebut terwujud bukan hanya jadi tugas wanita, tapi juga pria.

Mengubah gaya hidup jadi lebih sehat adalah hal yang perlu dilakukan demi menjaga kualitas sperma. Berikut tujuh hal yang bisa para pria lakukan usai menikah seperti dikutip laman Boldsky, Senin (24/8/2015).

1. Jaga berat badan normal
Pria yang kelebihan berat badan cenderung memiliki jumlah sperma yang sedikit. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, coba atur pola makan untuk mendapatkan berat badan sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbanyak makan sayur dan buah

2. Perbanyak makan sayur dan buah
Buah dan sayur merupakan salah satu sumber antioksidan yang memperbaiki kualitas sperma.

3. Olahraga
Rutin berolahraga bisa menurunkan level stres serta meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk organ reproduksi pria.

4. Rutin cek kesehatan
Cek tekanan darah dan gula darah agar bisa mengetahui kondisinya serta menjaganya dalam level normal. Kedua hal ini mampu memengaruhi kualitas sperma.

3 dari 3 halaman

Hindari minuman beralkohol

5. Hindari minuman beralkohol
Minuman beralkohol bisa berpengaruh terhadp kualitas sperma. Pria yang ingin memiliki buah hati, ada baiknya menjauhi minum minuman keras terlebih dahulu.

6. Tidak mandi air panas
Temperatur air yang tinggi berpengaruh terhadap jumlah dan kualitas sperma. Hindari berendam di bath tub berisi air hangat cenderung panas.

7. Hindari merokok
Kualitas dan jumlah sperma langsung menukik turun gara-gara kebiasaan ini. Bahkan yang lebih parah, kebiasaan merokok menyebabkan disfungsi ereksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini